Monday, March 16, 2015

Kuintet Sentimentil

Ini setengah dua malam
Di malam sebelum aku dua puluh satu
Bersahutan dengan dua belas bar blues
Aku ingin terlelap sebelum empat pagi

Tetapi Sang Sembilan puluh Sembilan menyimpan narasi sendiri
Tentang aku di ujung malam Maret tujuh belas
Kiranya aku butuh istirahat agar nol persen lelahku
Aku terhambat, ah delapan enam benakku

Ini aku pada tahun ketiga
Mendesak ilmu di kota busuk kilometer dua puluh satu
Untuk buktikan jika satu ditambah satu bisa jadi tiga atau lima
Dengan bermodal, dengan tingkatkan IPK tiga koma satu

Nanti aku jadi musisi jazz, mainkan harmoni minor tujuh flat lima
Dan/atau jadi guru SMA Negeri satu, dua, tiga, atau berapa lah
Bukan nominal gaji sepuluh seri lebih yang aku cari, bukan berapa pun
Ini tentang mimpi, di tiga per empat langkahku

Mereka tertawa seribu kali kepada mimpi ini
Sepuluh ribu kali kueratkan genggaman atas mimpi ini
Agar ketika sampai waktuku di dua kali satu meter, pada dua puluh tujuh
Tiga milyar dua puluh satu atma akan mengenangku


Muhammad Al Ghifari
Maret 2015

No comments:

Post a Comment