Saturday, December 7, 2013

Renungan Jumat Pertama di Bulan Desember

“…bahwa sesungguhnya hanya manusia lah satu-satunya makhluk di dunia ini yang membayar untuk tinggal di bumi…”

Kita mungkin akan tertawa atau bahkan merenung setelah kita gali tesis ini lebih mendalam. Kalimat ini tentu bukan gurauan belaka, mengingat apa yang kita lakukan sehari-hari tidak lepas dari sebuah kegiatan membayar. Membayar. Tidak hanya untuk makan dan membeli segala sesuatu yang diperlukan untuk bertahan hidup, bahkan untuk membuang sisa-sisa proses ekskresi dalam tubuh pun kita harus tetap membayar!

Pertanyaannya adalah, mengapa?

Mengapa manusia saling membayar untuk saling memperoleh keuntungan? Kemudian, kemana kah perginya uang jika semua manusia membayar? Bukan kah jadinya uang tersebut hanya berputar-putar di satu lingkaran yang sama dalam siklus yang tetap? Jika demikian, apa gunanya uang?
Beberapa ekstrimis mungkin berpendapat bahwa uang sebagai simbol dari segala kerja keras kita untuk meraih sesuatu.

Merujuk pada salah satu teori  John Maynard Keynes (motif spekulasi) yang mengatakan bahwa: alasan spekulasi timbul karena adanya keinginan memperoleh keuntungan berdasarkan ramalan dan penghitungan pada masa yang akan datang. Logikanya adalah jika manusia saling membagikan kelebihannya masing-masing antara bidang satu dan yang lainnya, tanpa harus saling membayar, pada akhirnya semua akan tetap saling menguntungkan.

Dengan begitu semua karya dan karsa yang kita buat menjadi maksimal mengingat tidak ada kepentingan untuk harus membayar dan dibayar. Seni akan lebih mudah untuk dinikmati. Tujuan akhir pendidikan menjadi murni untuk saling memberi manfaat, bukan lagi untuk memperoleh uang sebanyak-banyaknya.

Tidak ada yang namanya ‘si kaya’ dan ‘si miskin’, tidak ada yang namanya penguasa dan yang tertindas. Tidak akan ada perang antar negara karena tidak ada kelaparan dan kemiskinan. Pemerintah dan rakyat masing-masing negara sibuk duduk bersama merancang tatanan negara mereka supaya maju, tidak ada lagi mosi tidak percaya karena hal-hal yang berkenaan dengan kekuasaan. Tidak akan ada dendam, tidak  akan ada hutang.

Tidak akan ada keburukan.

Muhammad Al Ghifari
Desember 2013


No comments:

Post a Comment